Keterangan Gambar

MENGENAL LLEBIH DEKAT DENGAN LEBAH PENGUMPUL DAN PEMBUAT PROPOLIS

LEBAH SUPER SIBUK TERBANG JAUH BUAT NGUMPULIN KOLEKSI INI DARI TANAMAN                                                   Mengenal lebih dekat tentang propolis

                                                            oleh DR. IR. Budiaman, Mp.

Tak banyak yang tau mengenai produk lebah yang berasal dari lebah ciptaan Allah, salah satunya adalah propolis, rata rata masyarakat yang saya temui beberapa diantara hanya akrab dengan madu sebagai hasil buatan lebah 

salah satu tugas lebah yang diihamkan Allah Sang pencipta kepada mereka adalah tak hanya menghasilkan madu, tapi juga mengumpulkan resin resin dari berbagai jenis tanaman dan tumbuhan. resin resin yang mereka kumpulkan ini, lalu oleh lebah diolah dengan enzimnya dan membentuk propolis.

resin resin ini lebah kumpulkan dari berbagai jenis tumbuhan, dan semua jenis tumbuhan memiliki lapisan kulit luar yang terbuat dari jaringan kambium yang mengeras. kulit luar tanaman ini berfungsi meindungi tanamannyaa dari bebagai serangan penyakit dan mikroorganisme yang ada sekitar tanaman tersebut. apabila kulit luar ini luka atau rusak, maka tanaman akan sangat rentan terserang penyakit dan infeksi. Tetapi kenyataannya, saat kulit luar ini terluka, kulit luar akan mengeluarkan getah-getah yang disebut resin. yaitu resin yang sifatnya anti mikrobial yang sangat efektif, lalu resin-resin ini yang akan dikumpulkan para lebah dan mengolahnya dengan enzim mereka hingga menjadi propolis.

PERTANYAANNYA, MENGAPA PARA LEBAH INI BEKERJA KERAS MENGUMPULKAN RESIN RESIN TERSEBUT?

Yap, bukan karna tanpa maksud dan tujuan, para lebah bekerja keras mengumpulkan resin resin tersebut untuk dipakai sebagai "bahan bangunan" untuk sarangnya. alias mereka mengumpulkannya untuk dipakai menjadi bahan pelindung sarang agar rumah mereka/sarang lebah tetap steril . dan resin resin yang telah diolah oleh para lebah ini, sudah tidak disebut resin lagi, melainkan "propolis" karna resin tersebut sudah diolah dengan enzim oleh para lebah ini.

TANPA propolis, para keluarga lebah yang hidup di dalam sarang lebah tersebut tidak akan mampu hidup sehat dalam sarangnya.

Para lebah juga sibuk mengumpulkannya untuk sel-sel yang akan ditempati ratu lebah bertelur, lebah memolesnya dengan propolis agar larva yang lahir terlndungi dari berbagai penyakit. selain itu, propolis dalam jumlah kecil dicampur dengan lilin untuk membangun sarang mereka, serta seluruh sarang lebah diselimuti dengan propolis agar para lebah terlindung dari musuh musuhnya.

PROPOLIS TAK HANYA DIKUMPULKAN BERASAL DARI GETAH DAN RESIN TANAMAN SAJA

Propolis yang telah diolah oleh para lebah lebih kompleks dari itu, karna berasal dari berbagai macam bahan alam yanng dikumpulkannya. Lebah juga dapat mengumpulkannya dari pucuk tumbuh-tumbuhan dan daun-daunan. inilah mengapa propolis terkadang memiliki sedikit perbedaan warna antar lainnya, karna sesuai dengan warna resin jenis tumbuhan asalnya, bentuknya padat dan terasa liat.

JADI KESIMPULANNYA..

Propolis ini adalah sejenis kumpulan getah resin yang dikumpulkan para lebah dari luka kulit tanaman, serta dari daun dan pucuk yang didapatnya dari berbagai jenis tumbuhan, lalu bahan bahan tersebut yang sudah dikumpulkannnya tadi dicampur dan diolah oleh para lebah dengan zat yanng berasal dari bee pollen dan ditambah dengan berbagai tipe enzim aktif . enzim aktif ini berasal dari produksi organ tubuh lebah yang berasal dari kepala dan dada nya. 

Nah dari sini kita tau kalau propolis yng asli hanya bisa diproduksi oleh para lebah, jika ada propolis tetapi bukan diproduksi / dan tidak berasal darii lebah sudah jelas dikonfirmasi itu bukan propolis alias palsu ya.. hehehe


Bentuk raw popolis asli


Newest
Previous
Next Post »